foto nya menyusul yah ...

ini beberapa cerita tentang pengalaman si bebek mengendari Kawasaki Athlete 125 yang udah dimodifikasi,
dan saat ini odometer sudah menunjukan angka 630km lebih


1. diparkiran dimana aja, banyak sekali orang-orang dan temen-temen yg bertanya tentang specifikasi si Green Goblin ... mungkin emang karena Athlete blon banyak beredar di jalanan bekasi tambun cibitung ..
termasuk juga beberapa mekanik kawasaki saat gw service pertama, tapi mereka lebih tertarik pada modifikasi yg gw lakukan di Athlete.. sampai2 mereka gantian nyobain ntuh motor buat ngerasain hasil modifkasi gw..
komentar si mekanik : manteb juga rem blakangnya, beli masternya dimana ..?? eh, mindahin giginya ternyata ga keras yah ...
temen2 bilang : wah .. bagasi & tank nya gede juga yah ... 14,3 juta ? mendingan beli ini deh dari pada bebek 125 yg lain ...
ada yg bilang : setangnya bikin pegel ... (bebek said : blon biasa aja kali ... kan lw biasa bawa bebek.. yg ini kan stang sport ...)

2. saat service pertama dapet jatah oli + filter oli..
tapi kok dapetnya oli Mesran ..?? karena males berdebat, gw putuskan untuk tambahin duit Rp. 18 ribu biar dapet oli Kawasaki 4T 10-40 Jaso MA & API SL

3. saat riding alone (bobot 65km), cukup mudah mencapai 95kmpj dengan gigi 3 sampai rmp menjerit. Masalahnya blon ketemu jalan yg aman untuk mengetahui top speed di gigi 4.
sempet dapet 110kmpj padahal rpm blon teriak, itu pun dapat dicapai dengan mudah tanpa menunggu lama.
feeling gw, mungkin bisa dapet 125kmpj atau 130kmpj dengan trak agak panjang ...

4. saat riding berboncengan (65kg + 52kg), motor tetap stabil di kecepatan 110kmpj. sempet gw ajak sedikit rebahan di tikungan ke arah pemda cikarang, ga ada gejala ban belakang bergerak liar atau memantul-mantul ..
padahal gw udah khawatir bakal goyang karena shok breker belakang dalam posisi stelan paling randah (lembut) ..
top speed saat berboncengan mungkin dapet 120kmpj kalo aja ada track agak panjang dan aman

so, menurut gw engine performance nya sip banget .. lebih dari yg gw duga ternyata .. jadi benar yg dikatakan om tovi (maestro bz) bahwa Athlete akan galak diputaran bawah karna strokenya yg lebih pendek dari bebek lain sekelasnya .. (thanks ya om tovi.. u are the best ...)

5. saat berboncengan dengan kecepatan 70kmpj, sempet rem mendadak karena ada lubang dalem.
saat itu tangan kanan lagi ngelap spion, jadi jari lagi ga siap di handle rem. tinggal tersisa 1 jari tengah tangan kiri di handle rem kiri (of course..).. trus gw rem deh sebisanya ...
u know what happend ?? rem belakang bekerja dengan baik .. bahkan sedikit nge-lock .. padahal aspalnya bersih dari debu / pasir... padahal gw lg boncengan loh ... ternyata 1 jari udah cukup buat bikin ban belakang nge-lock walau lagi boncengan ..
dan Athlete pun sukses melewati lubang dalem dengan lembut ( tapi ban belakang sempet nyenggol spat board dikit karena mentok saat melewati lubang ..)

6. setelah service pertama, mesin agak ngegelitik kalo diajak narik ... apa setelan klepnya yah ..?? atau emang disengaja klepnya disetel kendor yah ... ? padahal sebelumnya ga bunyi ... mo balik ke beres lagi males nih ...


oke itu dulu ..
ntar kalo ada cerita lain, ya gw cerita lagi deh ... (emang ada yg baca ... ??? tau deh .. orang cuma pengen nulis doang ....)



baca juga :
1. bebek says about kelemahan Athlete yg dikatakan orang
2. New look of Kawasaki Athlete

27 Responses to "630km along with Kawasaki Athlete"

  1. Mugi Says:

    Tenang bro, gw baca kok. Eh kalo gw mah malah lbh senang stang centang macem trail.Karena gw emang ga doyan kenceng, yah mentog 90Km/jam aja, lebih dari itu mending pake Karimun yang nongkrong di garasi ajah.... Nih Grandroad gw baru pasang di beres nya. Yup emang Kanzen masih sepi peminat.Maklum orang Indonesia itu sering ga percaya ma produk sendiri, walau pun produk yang ngaku buatan luar sekalipun malah justru 100% buatan Indonesia....:P
    cuman 150rb untuk stang Kanzen supermoto, 25rb untuk kabel gas yang panjangan ga tau punya motor apa,ongkos 20rb. Obsesi taon depan bore up pake cilynder + head Supermoto , mungkin ke 130 cc lah. Biar agak enakan dikit tarikannya,maklum Grandroad gw lawan C70 aja masih kalah kok kekekekekek.....

  2. Mugi Says:

    udah baca tigor eh tiger baru kah? lagi trend tuh asimetris di eropa...bikin asimetris dunk....tuh grandroad gw spion kanan kaze ditempelin cermin cembung bulet, terus yang kiri spion sepeda ontel model jepit dengan kaca kotak dapet goceng di toko sepeda ,gara2 itu stang seharusnya untuk yang berkopling,jadi ga ada dudukan spion kiri, sementara gw sentrifugal....wakakakak (maksa mode:on)

  3. ranz Says:

    he he .. si mugi angkat bicara ...
    setuju gi .. kita harus bangga dengan produk Indonesia ..
    seperti halnya gw yg lebih memilih produk yang bermutu walau pun itu produk luar ..( halah ... apa sih ...)

    maksud gw, ini bukan tentang merk ..
    tapi tentang bagaimana kita mencintai apa yang kita miliki dan memberikan yang terbaik untuknya ...
    bukan untuk mengikuti apa yg sedang menjadi trend disekitar kita ..
    dan ini juga tentang menuangkan ide & kreatifitas yang memang berguna untuk keseharian kita .. bukan sekedar modifikasi untuk gaya atau gagah-gagahan ...
    hidup rakyat ...!!!
    (gw ngomong apa sih ...?? halo-halo .. ada yg bisa jelasin ...?? )

    selamat berjuang Gi.. gw turut mendukung grandroad mu ...

  4. ArTi(412TI) Says:

    eh bro..
    Setelah make athlete apa banyak kelemahannya..???
    Soalnya gw demen bgt ama nih motor..
    Tp gw ragu.. ( takut nyesel )
    Mksh bro atas masukan yang udah ada di blog ini..
    Byk2 lagi masukannya ya bro..
    Thnks..

  5. ranz Says:

    bro arti, thanks udah mampir ke sini..
    berikut infonya :

    1. ga tau ini kelemahan atau bukan, yg pasti setang lebih berat dari bebek biasa karena memang pake shock depan punya sport. rada pegel kalo blon biasa. tapi efeknya, motor jadi lebih stabil & ga gampang goyang di kecepatan tinggi. saat melibas jalan jelek pun tetep empuk loh. hal ini juga berlaku untuk shock belakang, empuk dan mantab. mungkin efek dari shock model tiduran + lengan ayun yg udah pake stabilizer.

    2. seperti yg udah saya jelasin di postingan, ada suara berisik di mesin setelah service pertama. mungkin karena setelan klep nya yg kurang pas. suara ini muncul kalo mesin udah panas. padahal sebelum service pertama suaranya halus banget loh ..

    3. yg ini resiko yg harus diterima saat musim hujan, ampun deh .. nyucinya pegel banget ... banyak celah yg sempit. jadi butuh peralatan aneh untuk menjakau celah itu, misalnya : sikat wc, sikat botol dot, sikat gigi, dll
    kalo nyuci ditempat cucian, mereka males buat menjangkau celah ini, jadi suka ga bersih..

    4. celah antara braket kaliper cakram belakang dengan lengan ayun, celahnya rada longgar, agak berisik saat melewati jalan jelek (suara besi beradu), tapi gampang diakalin dengan cara di genjal dengan karet ban dalem.

    yg lainnya sampai saat ini masih memuaskan. mekanik ga kesulitan untuk tune up (service) karena mesin ga jauh beda dengan kawasaki zone atau mesin bebek yg lainnya.

    btw, saat gigi 3, ternyata bisa sampe 100kmpj loh ...
    keliatannya gigi 4 (gigi akhir) hanya untuk menurunkan rpm.
    feeling saya, mungkin top speednya 125kmpj. udah sangat cukup toh..
    lagian ga safety juga kalo terlalu kenceng ...

    tengkyu bro...

  6. Anonim Says:

    Hallo bro..

    mO nanya, beli handle master rem kirinya dimana yah? gw naksir tuh sama modifikasi yang loe pake di athlete.
    Athlete gw baru datang kemaren tgl 2, matur thank'u.... salam kenal shark

  7. bebek Says:

    bro anonim,

    master rem kiri nya beli disini :
    http://evorracing.com/content/blogcategory/18/33/

    belinya yg model ini yah .. :
    http://evorracing.com/images/racing400/master_rem_kiri400.jpg

  8. Anonim Says:

    maaf sdikit bingung...
    "
    5. saat berboncengan dengan kecepatan 70kmpj, sempet rem mendadak karena ada lubang dalem.
    saat itu tangan kanan lagi ngelap spion, jadi jari lagi ga siap di handle rem. tinggal tersisa 1 jari tengah tangan kiri di handle rem kiri (of course..).. trus gw rem deh sebisanya ...
    u know what happend ?? rem belakang bekerja dengan baik .. bahkan sedikit nge-lock .. padahal aspalnya bersih dari debu / pasir... padahal gw lg boncengan loh ... ternyata 1 jari udah cukup buat bikin ban belakang nge-lock walau lagi boncengan ..
    dan Athlete pun sukses melewati lubang dalem dengan lembut ( tapi ban belakang sempet nyenggol spat board dikit karena mentok saat melewati lubang ..)
    "

    emangnya ada handle kirinya ya..???

  9. bebek Says:

    bro Anonim,

    handle rem kiri ? ada dunk...
    modifikasi sendiri bro...
    dan udah ada beberapa Athleter yang ikutan pasang dengan meminta petunjuk lewat YM ke gw ..

    dikomen diatas juga udah ada yg nanya cara pasangnya kan...

    mo liat hasilnya .. ?
    coba baca ini ..
    http://ranzbebek.blogspot.com/2008/10/modifikasi-athlete-125-green-goblin.html

    tengkyu

  10. aiko Says:

    Brou mau tanya2 ttg athlete nih..: gini aku baru beli athlete secound km-nya 5000 (relatif msh ok).., tp ada satu kendala yg cukup bikin gregetan nih.., begini kendala: saat mtr pada gigi 1 ato 2 pada saat jalan sangat pelan.., pada saat digas bunyi KLEG..dan pada saat gas dilepas bunyinya timbul lagi KLEG.., dah diperiksa di beres katanya ga ada masalah...katanya emang karakteristik athlete..apa emang gitu? thx 08568809601

  11. Edy Says:

    mau tanya saya baru beli kawasaki athlete. sekarang km masih 350. saya mengikuti tatacara break in yang ada dibuku manual. saya hanya bawa kecepatan maksimun 40 km/jam sesuain buku manual. suatu ketika saya pernah mau ngetes seberapa cepat athlete saya ini. tetapi yang saya kecepatan maksimum hanya 80 km/jam dengan gigi 4. kalo saya baca komentar yang sudah memakai athlete seharusnya kecepatan bisa jauh melebihi angka 80 km/jam. Apakah ini pengaruh karena belum service pertama? atau ada keanehan pada motor saya. mohon diberi penjelasan untuk teman2 yang memakai athlete.. trim atas balasannya...

  12. Anonim Says:

    bro mau tanya donk, denger2 ax itu geter yah mesinnya. Gw cuma mau tau seberapa getar dan pada kondisi seperti apa getarannya dateng..

    thx

  13. bebek Says:

    Alow bro anonim,
    AX memang "terasa" lebih bergetar dari mesin sekelasnya karna ternyata desain engine sebenernya bukan untuk rangka Furry, rangka AX memang mangambil contoh desain Furry (AX di Filipine). Hasilnya, ada beberapa engine mounting yg tidak repasang karna perbedaan desain ini. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada daya redam getaran mesin yang seharusnya bisa di serap di boss engine mounting, alhasil getaran mesin lebih terasa di AX.
    Solusinya : dapet dari milis athlete yg kasih info untuk pasang karet peredam getaran yg dipasang di sirip pendingin mesin. Aslinya ini punya RX-King. Tidak ada yang perlu dirubah, tinggal beli karetnya dan pasang di AX.

    goodluck bro...

  14. bebek Says:

    bro aiko,
    sory baru jawab.
    Kayaknya itu karna rantainya kendor bro. btw, rantai AX gampang kendor karna desain monoshok yg seperti itu mengakibatkan rentang pergerakan gear belakang dan depan sangat jauh, sehingga rantai AK mudah kendor.
    kalo da kendor, biasanya jadi bunyi kayak gitu ...

  15. bebek Says:

    bro Edy, sory baru jawab juga ...
    banyak juga yang mengalami kalo belum service pertama motornya jadi ga bisa ngacir. Ini karna setting klepnya belum pas dan masih gampang berubah ..
    akubatnya jadi susah ngacir motornya .. jangan telat service rutin aja bro, dan jangan ragu untuk komplein ke beres atau rada bawel ke mekanik untuk ngasih tau keluhan motor ..
    itu hak pembeli kok ...

  16. Anonim Says:

    ax gue baru 350 km (masa masa inreyen) kok kayaknya berat bgt tarikannya ya? saat ini udh service 1x ( gak tahan dgn bawaan mtor yg agak berat tarikannya) emang bner stlh service ada bunyi ngelitik dr mesin (knapa ya?)
    dan krn buru2 pngen bawa kenceng tuh motor sempet aku bawa lari agak kencengan dikit tapi..pas lari diatas 60 kmpj kok serasa getar smua dan berat jugaa..(serasa ada yg nge-hambat)
    mohon saran...
    (gagal/tidaknya inreyen ditentuin dr apaan to? ) *takut gagal*

  17. bebek Says:

    alow bro..
    itu berat tarikannya mungkin karna emang setelan klep waktu service 1 masih kurang pas...
    bawa lagi aja ke beres dan komplein...
    gpp kok .. itu hak pembeli ..

    tentang bunyi ngelitik..
    semua athlete mengalaminya..
    itu karena material klep yang kurang bagus sehingga bereaksi lebih saat mesin panas...
    tapi gpp juga kok ..
    ax gw da KM17000, dan ga ada masalah mesin ...

    masalah getaran mang ax agak berlebih ..
    itu karna engine mounting ada yg ga kepasang ..
    coba diakali dengan memasang karet peredam getaran yg dipasang di kisi-kisi mesin milik RX-King

    Motor sekarang ga perlu inreyen bro ..
    karena cylinder dan piston sudah dibuat dengan tingkat presisi yang sangat tinggi dengan menggunakan mesin CNC (pake komputer) ..
    jadi bukan mesin jadul yg cylindernya masih di machining pake mesin manual dan di ukur manual (pake sigmat) ...

    good luck bro ...

  18. baguzazmoro Says:

    mav ni sblmny asing.
    saya bru mke athlete,odometer bru 1000km,tp slama itu gprnah lari d atas60,soalny smpe 40 uda gter msinny,sya ksian sma msinny.gmw dpaksa dlu mngkin msih baru,,
    tp apa bnr tpeedny bs smp 100kmpj????
    ap ad kelainan sama mtr sy,ap emg itu hal wajar krna msih bru???
    underbound athlete uda kluar tu..

  19. bebek Says:

    bro bagus,
    odometer saya udah 29ribuan..
    udah sering dapet top speed 110kmpj
    cuma saya blon ketemu trek panjang untuk nyoba diatasnya ..
    mungkin 115kmpj ...
    padahal saya udah pake ban gede ..
    belakang 100-80-17
    depan 90-80-17

    mesin ax memang bergetar,
    coba baca detail komentar2 diatas
    solusinya juga sudah ada
    baca yang teliti yah ..

    thanks info step underbone nya bro ..
    tapi punya saya murah meriah dan keren ..
    cuma 35ribu aja..

  20. seks Says:

    bro..saya bru bobok knalpot kog skrng lariny ngk kenceng y..pdahal rpmny smpai 115km/jam tp lariny ngk ada

  21. seks Says:

    bro..saya bru bobok knalpot tp knapa y lariny ngk kencengg..pdahal rpmny smpai 110km/jam tp lariny ngk ada..kasih solusi donk

  22. bebek Says:

    bro seks
    (halah .. ga enak banget manggilnya..)

    emang siapa yg ngajarin kalau knalpot dibobok bisa lari tambah kenceng ?

    ayo berpikir logika bro..
    kalo semudah itu, motoGP juga tinggal bobok knalpot aja biar tambah kenceng ..
    tapi ga mungkin kan ..?

    motor mau lari kenceng itu pasti maksudnya pengen lebih kenceng dari motor standard kan ..?
    banyak yg mesti dirubah bro ..
    1) oversize (ganti piston yg lebih besar)
    2) ganti karbu yg lebih besar
    3) ganti klep masuk & buang yg lebih lebar
    4) ganti diameter pipa knalpot yg lebih besar (bukan bobok peredam suara !!)

    ke4 point diatas harus diakukan bersamaan supaya mesin tetap seimbang ..
    kalo tidak, efeknya malah mesin brebet atau malah ga bisa lari kenceng ..
    Dan semua itu ada alat ukurnya, bukan sembarangan asal di gedein semaunya...
    Ada ahlinya bro, bahkan ga semua mekanik bengkel tau bagaimana mengukurnya ...

    mengenai bobok knalpot,
    kayaknya yg anda lakukan adalah membuang peredam suara..
    itu ga ada efek sama sekali terhadap kecepatan ..!!
    yg ada cuma suara berisik yg mengganggu pengguna jalan saat anda menggeber gas ..

    semoga bisa dimengerti ya bro ..
    thanks udah mampir ke blog..

  23. Anonim Says:

    sialan ente gan gara2 baca tulisan lo gw akhirnya mastiin nih ambil AX. Awas lo yah klu ketemu ma W bakal tak suruh makan bakso gratis ampe kenyang.

  24. bebek Says:

    hehehe ...
    moga2 ketemunya di pizza hut ...

    gabung di milis yuuk ...
    kirim email kosong ke sini :
    athleters125_indonesia-subscribe@yahoogroups.com

  25. Unknown Says:

    ggmn tips ngurangin getar mesin ax...mohon pencerahan....

  26. iriel Says:

    tips ngurangin geter mesin,gmn gan?mohonpencerahan....

  27. Anonim Says:

    gan"aiko" bunyi glek saya alami juga di athlete saya>dibawa ke bengkel kawak,montir blg g ada apa@,yg saya pernah coba :rantainya lebih dikencengkan aja otomatis gleknya ilang gan!> yaa kalo ada cara lain yg lebih oke bagi@ ilmunya kekita2 ok bro thanks

Posting Komentar

  • Blog Archive

    http://www.meriteducation.com/