gw pernah menulis bahwa Kawasaki Athelete adalah salah satu motor impian untuk dimiliki.
dan setelah melihat spesifikasinya, keliatannya motor ini menjadi pilihan utama untuk menggantikan shogun '96 gw yg udah ditunggu sama adik gw ..

membaca komentar orang pada tulisan mengenai Kawasaki Athele 125, ternyata banyak yg sebel sama engine yg masih 125cc, kopling yg belum manual, dan design motor yg menurut mereka rada aneh.

apa yang dikatakan bebek ketika orang lain berkomentar tentang Kelemahan Kawasaki Athlete 125 cc ?
bebek says :

engine 125cc
engine yg 125cc itu sudah cukup untuk jalanan kota yg padat ..
selain irit (cc kecil relative = irit ), tingkat keamanan akan lebih terjaga, paling mentok juga kecepatan maksimum 120kmpj .. lebih dari itu, gila aja kali yee motor bebek dibawa kebut diatas 120kmpj dijalan raya... mau mati apa ...??
kalo di cirkuit sih boleh aja boss....

kopling blon manual (masih kopling semi otomatis)
hm .. justru ini pilihan gw ..
soalnya gw berniat untuk menyambung cakram belakang itu dengan kabel selang rem yg panjang (Rp.50rebu) dan diakhiri dengan master rem (handle) untuk setang tangan kiri (Rp. 200rebu)
jadi rem depan belakang handlenya ditangan semua kayak motor matic ..
hal ini udah gw terapkan di shogun '96 gw dan hasilnya handling motor sangat nyaman ..
saat rem mendadak, tak perlu injek rem kaki sekuat tenaga (ini bisa mengurangi keseimbangan loh ..) cukup tarik dengan lembut kedua handle rem ditangan denagn 1 atau 2 jari saja ..
alhasil, motor tetap stabil sampai berhenti ...
safety banget kan ...
lagi pula, perbedaan kopling semi otomatis dan manual hanyalah masalah respon akselerasi awal setelah perpindahan gigi.. mungkin perbedaannya tak lebih dari 1 detik ...
no meaning... ini bukan di sirkuit boss....

design yg rada aneh
design tampilan adalah masalah selera ..
kata mas tukul : don't judge the book from it cover ... it's just a cover..
design body structure / rangka, ini lebih penting ..
menyangkut riding style dan keamanan berkendara ...
and u know what ? kawasaki terkenal dengan design rangka motor yg paling stabil ...

blon pake radiator ( masih air cooler / pendingin udara)
tanyakan kepada orang yg bener2 tau cara kerja mesin ..
125cc tiadalah berguna jikalau pakai radiator ..
kesempurnaan pembakaran itu butuh suhu yang tepat ..
bukan suhu yg dingin ... jadi kalo suhu mesin terlalu dingin dari yang seharusnya juga tidak akan menghasilkan tenaga yang maksimum kan ...

Harga, 14,3 juta adalah harga yg pantas untuk spesifikasinya ..
saingan terdekat mengenai spec menurut gw adalah shogun 125 RR dengan harga 14,1juta..
walupun engine spec gw lebih memilih shogun 125..
tapi sekali lagi, ini adalah masalah selera ..

so ..
inilah specifikasi resmi Kawasaki Athlete 125 yg didapat dari situs Kawasaki-Indonesia.co.id


Tipe Mesin : 4 langkah SOHC 2 katup
Jumlah & Isi Silinder : 1 buah & 124.6cc
Diameter x Langkah : 56 x 50.6mm
Perbandingan Kompresi : 9.8 : 1
Daya Maksimum : 9.9 PS/8000 rpm
Torsi Maksimum : 8.6 Nm/6000 rpm
Karburator : Keihin PB18
Sistem Starter : Kick Starter & Elektrik Starter
Tipe Transmisi : Tipe Rotari
Jumlah Transmisi : 4 kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4-N ( Rotary )
Tipe Sistem Reduksi Final : Gear
Rasio Gigi Ke1 3.000 ( 36/12 )
Ke2 1.938 ( 31/16 )
Ke3 1.350 ( 27/20 )
Ke4 1.087 ( 25/23 )
Tipe Sistem Final Drive : Chain Drive
Drive Rasio Keseluruhan : 9.634@TopGear
Sistem Pengapian : DC-CDI
Sistem Pelumasan : Forced Lubrication
Sistem Penyaringan Oli : DFLS ( Double Filter Lubrication System )
Kapasitas Minyak Pelumas : 1.1 liter
Tipe Oli Mesin : API SE, SF atau SG/SAE
Busi : NGK C6HSA
Tipe Rangka : Full Frame
Suspensi Depan : Teleskopik – Fork
Suspensi Belakang : Swing Arm Monoshock
Panjang x Lebar x Tinggi : 1920 x 695 x 970 mm
Jarak Poros Roda : 1.240mm
Jarak Ke Tanah : 150mm
Julur Depan : 280mm
Julur Belakang : 400mm
Berat Maksimum : 104 kg
Rem Depan : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
Rem Belakang : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
Kapasitas Tangki : 5.2 liter
Kapasitas Bagasi : 4.5 liter
Panjang Handle Bar : 6.95mm
Sudut Putar Handle Bar : 42.5⁰
Dimensi Ban Depan : 70/90-17
Dimensi Ban Belakang : 80/90-17
Tipe Ban Depan : 2.50-17 4PR
Tipe Ban Belakang : 2.75-17 4PR
Pelek Roda : Cast Wheel Aluminium Alloy
Saat Pembukaan Katup :
Inlet :
Buka : 20⁰ sebelum TMA
Tutup : 60⁰ setelah TMB
Durasi : 260⁰
Exhaust :
Buka : 55⁰ sebelum TMA
Tutup : 25⁰ setelah TMB
Durasi : 260⁰
Kelistrikan :
Battery : 12V5 AH
Lampu Depan
Tipe : Semi Sealed Beam
Bola Lampu : 12V(18/18W)X2
Lampu Belakang/Rem : 12V(5/18W)
Alternator :
Tipe : Outer Rotor
Output Rata-rata : 1.6A/16V@6000rpm
Saat Pengapian: Dari 10⁰ sebelum TMA pada @ 1200 rpm hingga 31,5⁰ sebelum TMA pada @4500 rpm
Warna : Hitam Metalik, Lime Green, Biru Metalik


Baca juga :
1. Modifikasi Kawasaki Athlete 125
2. New look of Kawasaki Athlete 125

19 Responses to "Kawasaki Athlete 125"

  1. latebloomer Says:

    waw bro Ranz, gimane Athlete ude nyampe di rumah kah? kalo dah , kapan2 gw test drive yach? pan Taurus gw ma Athlete beda2 dikit lah...

  2. bebek Says:

    3 minggu indent + 2 minggu stnk ( hiks.. ), kata dealernya : 1 minggu cuma dapet jatah 15 motor, sementara yg indent udah puluhan, padahal yg gw datengin delaer terbesar di Tambun, sabar ya Gi .. biar gw juga ada cukup waktu pesen handle rem kiri cakram, mo langsung gw pindahin ditangan nih rem cakram belakangnya ... kalo da jadi, ntar gw ketempat lw khusus ngasih kunci Athlete, don't worried bro ....

  3. latebloomer Says:

    Minal Aidzin wal Faizin, taqobalalloh minawaminkum. gmana nih athlete , udah ngendon di rumah kah?

  4. bebek Says:

    met lebaran & mohon maaf lahir batin ye ...
    udah bro.. sebelum lebaran kemarin udah dianter ..
    tapi suratnya baru dimasukin ke samsat tgl 6 kemarin ...

    handle rem cakram setang kiri hari ini rencananya dateng, pesen ke cianjur evoracing Rp.200ribu..
    trus hari ini tinggal hunting selang rem yg panjang (dari setang ke cakram belakang) ..
    trus foot step underbone bikinan sendiri juga 80% jadi .. tinggal cat & pasang ajah ...

    ntar kalo da jadi, gw bikin ulasan lagi trus diposting disini deh ...

    tengkyu ..

  5. mantugaul Says:

    sori telat ikutan pake, ada review kawasaki athlete di http://mantugaul.wordpress.com/2008/12/09/review-motor-bebek-sport-kawasaki-athlete-ngisi-minyak-nggak-pake-turun/

  6. Unknown Says:

    boleh tau beli master kiri & selangnya dimana ya (utk daerah bandung & jakarta)??

  7. bebek Says:

    bro malirja,

    master rem kiri nya beli disini :
    http://evorracing.com/content/blogcategory/18/33/

    belinya yg model ini yah .. :
    http://evorracing.com/images/racing400/master_rem_kiri400.jpg

  8. Anonim Says:

    sadis banget hrg kawasaki athlete t4 gw,16jutaan lbh dijambi,pdhl udh pgn ambil,tp liat hrgx gk jauh beda dgn motor sejenis jd mikir2 lagi..
    pantesan dijambi banyak dealer kawasaki tutup,selain harga motornya mahal banget dari hrg normal/selisihnya,servicenya yg cuma ada satu n menyusahkan bagi pengguna didaerah/kabupaten krn keterbatasan jrk tempuh..
    mudah2an pihak kawasaki indonesia bisa mengoreksi hrg jual produknya dijambi and menambah t4 pelayanan service nya agar lbh bersaing

  9. Fonda's Oto Says:

    Bifon, SBy.

    Ni motor kalo menerjang banjir gimana ya??mogok ga nech...tau ndiri Indonesia kan langganan banjir. kalo service, spare partnya bakal inden ato ga ya??...kalo inden kan menyiksa juga....

  10. Fonda's Oto Says:

    Ni motor, bakal mogok ga kalo nerjang banjir???tau ndiri, Indonesia kan negara banjir...trus kalo lagi service,partnya udah tersedia ato indent dulu???kalo sampe indent, wah bisa tersiksa nih...sapa juga yang mau nunggu lama2,,,ya Toh....

  11. bebek Says:

    bro di surabaya,
    athlete gw udah pernah melewati genangan air sampai 3/4 rodanya tenggelam.
    ga ada masalah kok, mesin nyala terus..
    coba baca postingan gw tentang teknik menerjang banjir

    kalo masalah spareparts, tergantung daerahnya bro ..
    kalo ente di surabaya yg banyak berseliweran motor, pasti sparepartsnya juga banyak lah ..

    ini pun tergantung spareparts apa yg ente perlukan ..
    kalo fast moving parts udah pasti banyak lah ..
    cuma kalo yg dicari daleman mesin seperti noken as, udah pasti itu mah inden ...

  12. Anonim Says:

    bro, emang pake kawasaki tahan banjir, sampe hampir jok jalan terus. Cuma kalo lagi apes, berhenti, yang susah itu knalpotnya nungging, jadi biar roda depannya diangkat masih susah keluar airnya.

  13. bebek Says:

    wow ..
    sampe jok ..?
    hati2 bro ...
    yg perlu diwaspadai adalah jangan sampai ketinggian air melewati karburator atau bahkan saringan udara ..
    kalo air udah sampai saringan udara sebaiknya jangan memaksa ..
    kalo air terhisap masuk ke karburator sampai ruang bakar,
    efeknya bukan cuma mesin yg mati,
    piston juga bisa bolong ..
    ingat !! air tidak bisa di kompresi ...

    semua kendaran prinsipnya sama seperti itu saat melewati banjir ..
    ingat !! ketinggian air jangan sampai melewati karburator ..

    kalo air terlanjur masuk ...
    buka busi dan buang air didalam reuang bakar dengan cara kick stater ..
    buang bensin di karburator dengan mengendurkan skrup pembuangan di karburator ..
    ini biar bensin yg tercampur air di karburator bisa dibuang ..
    kalo air di knalpot susah dibuang dengan cara meninggikan ban depan motor, buka baut knalpot yg dibagian depan (yg nyambung ke mesin) dan buang airnya...
    setelah mesin menyala, coba perhatikan oli mesin ..
    kalau berwarna putih susu, segera ganti oli ..
    warna putih susu itu tandanya oli tercampur air ...

  14. fikri Says:

    Betul bro, ini kembali ke kebutuhan msg2 aja, seperti yg bro sudah bahas diatas, saya stuju bgt. Selain itu saya mau tambah alasan2 lain dr sendiri, mudah2an bisa jadi bahan pertimbangan buat kawan2 disini yg baru mau beli motor, atau bisa bantu klarifikasi mitos2 negatif soal Kawasaki terutama AX125
    Klo alasan saya milih AX125
    Semi auto clutch : Praktis, trutama klo lg macet.
    Mesin tidur : karna umum dan lebih sederhana ketimbang mesin tegak (yg katanya tipe mesin untuk racing), jd ga harus ke pilih2 ke bengkel yg lengkap atau yg montirnya kawakan, buat ngerawat/reparasi, cukup bengkel biasa yg terpercaya aja, bahkan bisa dikerjain sendiri.
    Air cooler : so what, emang mau di overclock apa nih mesin pake liquid cooling sgala, sbrapa signifikan sih perbedaan penurunan suhu dari Air vs Liquid cooling klo hanya untuk pemakaian standar atau cuma ngebut "sesekali aja".
    Masalah bodi yg "aneh" : Kalau saya pribadi lbh suka nyebutnya "unik / Inofatif". Ingat AX bukan varian Bebek, tapi Ayam jago (mirip2 Satria FU atau Sonic). Jadi design ga harus kayak bebek dong. Masih jarang kan non-"motor laki", yg ngisi bensinnya ga usah turun & buka jok.
    1 lagi alasan paling kuat buat ane beli AX, kawasaki terkenal dgn kwalitas materialnya yg high quality walaupun harus dibayar dgn harga yg sedikit lebih mahal.

    Sebelum saya milih AX 3 bulanan yg lalu sbagai pengganti revo, Saya tanya 1 hal ke diri sendiri, "beli motor tujuan utama pemakaiannya buat apa ?, stlh bulat dan jelas baru ke dealer. Alhamdulillah saya puas sampai detik ini.

  15. Anonim Says:

    buat yang udah njajal AX, share donk, katanya AX suka lelet kalo buat nanjak. rumahku kan daerah gunung, tapi aku lagi nunggu AX 2nd ambil dari Jabar, soalnya kepincut ma AX, aku dah jajal Blitz, lumayan....

    gimana menaikkan performanya, tanpa ngoprak mesin n ngubah ke kopling?

  16. Anonim Says:

    bang ranz...cara pasang master rem kiri nya gimana? anonim bandung

  17. bebek Says:

    @broandisis, menaikkan performa mesin ax sama kok prinsipnya dengan motor bebek lain, jangan lupa yah ..
    yg penting harus seimbang ..
    jangan cuma gedein karbu aja ..
    coba cari bengkel yg udah berpengalaman didaerah mu ..

    @anonim, cara pasang master rem kiri ada disini : http://ranzbebek.blogspot.com/2008/10/modifikasi-athlete-125-green-goblin.html

  18. Sigit Herdianto Says:

    kalo kopling manual kan bisa dibuat sendiri.

  19. Sigit Herdianto Says:

    kalo kopling manual aja kan bisa ditambah sendiri.

Posting Komentar

  • Blog Archive

    http://www.meriteducation.com/