Rekaman dalam bentuk MP3 bisa di didengarkan langsung
atau di download dari sebelah kanan tulisan ini di box yang
ada tulisan : Download Gratis
Pilih forlder : MP3 Rekaman trus pilih: Adam Air.MP3
==================================================================
Inilah dua versi transkrip sebagian isi rekaman percakapan Kapten Pilot Revri Agustian Widodo dengan kopilot Yoga menjelang jatuhnya pesawat Adam Air 737-400 di perairan Majene, Sulawesi Barat, 1 Januari 2007.
Versi Internet
Pilot (P): Ngaco. FIDS-nya (Flight Information Display System) udah, FMS-nya (Flight Management System, komputer di kokpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tersebut)? FMS telah mengacaukan dirinya sendiri.... Uedan opo (gila apa).... Oi, terbangnya melanglang buana'e....
K: Manual aja, Capt, ya.
P: Coba ini… apa… ee… gue pake ini aja deh terbangnya? Pake IRS-nya (Inertial Reference System) taruh di attitude.
K: Yes.
K: Masuk ke?
P: Fail aja.
K: Fail?
P: Ya, fault aja deh.
K: Fault aja ya.
P: Nih, taruh di attitude aja nih.
K: Other's more problems?
P: Attitude nggak.
K: Yang left?
P: Iya, arah angin dan heading-nya saja, masukin ini ya.
K: SELCAL dan Attitude?
P: Masukin ini.
K: Heading berapa nih, Capt? zero... zero seven nine, ya?
P: Iya, masukin ini ke atas.
K: Ini, Capt?
P: taruh NAV (Navigation) lagi.
(Terdengar suara peringatan “bank angle” di kokpit yang menandakan pesawat telah miring melewati 35 derajat dua kali).
P: Taruh NAV lagi, taruh NAV lagi....
(Terdengar suara peringatan alarm).
K: Yes?
P: Taruh NAV lagi!
(Suara “bank angle” dan alarm peringatan masih terdengar).
P: Taruh NAV lagi!
K: NAV! Oke, Capt?
P: Jangan dibelokin nih. Kita…!
K: Captain, captain, captain...!
(Terdengar suara kretek...kretek….)
K: Aduh Capt, Capt, Capt...!
P: Iya, iya...!
Kokpit: Allahu Akbar. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, mayday.... Ahhh… Allahu Akbar, mayday, mayday, Allahu Akbar!
(Suara kretek-kretek semakin keras). "Ahh... Allaaaaahu Akbaar…!" (Terdengar suara gemuruh hingga rekaman berhenti).
Versi KNKT (telah dirilis pada 25 Maret 2008)
Pilot (P): Taruh di IRS attitude.
Kopilot (K): Oke Capt.
P: Masukkan.
P: Masih fail.
K: Fail.
P: Ada fault. Pilih attitude.
K: Mengalihkan ke mode IRS.
P: Attitude left.
K: Left.
P: Setelah ini heading set, ya, masukin ya.
P: Lihat QRH. Kalau IRS nomor 2 mati, lihat ada apa.
K: IRS.
P: Navigasi, FMS (Flight Management System, komputer di kokpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tersebut), lihat FMS-nya.
K: IRS fault.
P: Eleven four, itu nggak fault.
K: Itu nggak fault.
P: IRS-nya salah
K: Tapi fault-nya harus dinyalakan, Capt.
P: Iya, itu nggak fault.
K: Yes, on the ground flight.
K: Yang satu ini on the ground.
K: IRS fault eleven four.
P: Itu nggak fault.
K: No, no, no.
K: Yang left bagus.
P: Ya, itulah kenapa.
P: Bisakah kita mematikan salah satu IRS?
K: Sepertinya nggak perlu.
P: Nggak ada apa-apa.
P: Nggak ada apa-apa.
K: Radial, two nine zero, yup.
(Suara peringatan “bank angle” berbunyi empat kali).
P: Taruh NAV lagi, taruh NAV lagi.
K: Yes.
P: Taruh di NAV lagi, taruh NAV lagi.
(Ada suara peringatan Altitude Deviation).
K: NAV.
P: Jangan dibelokkan! Ini heading kita.
K: Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan!
(Selanjutnya terdengar suara berdebam-debam keras terekam pada 06:59:05 UTC atau pukul 13.59 WIB).
=====================================================
sumber : kompas.com & milis
bebek says :
loh...
kok ada 2 versi ..??
ada apa ini ..??
apa yang tersembunyi .. ??
apa motif pembocoran rekaman 'confidential' ini ke internet ?
ck.. ck... ck ....
negara ini memang aneh ....
5 Agustus 2008 pukul 11.38 �
jangn membuat bingung para pendengar berita pembicaraan pilot dan co pilot..berilah penjelasan secara terperinci mengenai masalah ini,agar semua orang mengetahuinya
5 Agustus 2008 pukul 11.55 �
Mas Tengah, saya juga ga tau harus menjelaskan apa, karena saya sendiri bingung dengan apa yg terjadi.
transkrip saya dapat dari kompas.com dan sudah ada 2 versi.
sedangkan MP3 saya dapat dari milis yahoogroups
tujuan saya memposting ini (dan postingan lain tentang "Revolusi yuk" ) adalah agar ada revolusi hukum dan sistem pemerintahan di negeri ini.
mengapa ? ini komentar saya atas kasus rekaman adam air :
1. salah satu dari transkrip ini tentu saja palsu. masalahnya yg mana & tujuannya apa ?
dugaan saya : konspirasi untuk melindungi sesuatu/pihak tertentu
2. Apa tujuan pembocoran rekaman ini ke internet ? dugaan saya : untuk melawan konspirasi tadi
Note:
Jangan dipikirin mas ..
Ini cuma pemikirin nyeleneh saya aja..
cuma pemikiran seekor bebek yg rindu akan revolusi hukum ..
jadi ya ndhak usah bingung ...
take it or leave it ...