ini bahasan tentang knalpot sesuai permintaan Arjun di message box ..
Benarkah knalpot racing bisa menambah tenaga mesin (motor) ?
sebelum dijawab, kita harus tau dulu tentang mesin motor...
sebenernya saya juga ga begitu ngerti tentang mesin, jadi
saya cerita aja apa yang saya tau .. dan tentunya dengan bahasa
yang mudah yah ... (padahal saya juga ga ngeti bahasa tekniknya )
Mesin motor ada 2 type : 2 tak & 4 tak
2 tak maksudnya adalah dalam proses pembakaran fuel
mengalami 2 langkah atau 2 tahapan ..
Pada jenis mesin ini, knalpot sangat berperan dalam langkah
pembakaran.. turbulensi dalam knalpot 2 tak akan membantu
kompresi bahan bakar di ruang bakar karena
turbulensi ini akan menghasilkan tekanan balik ke ruang bakar
tetapi perhitungan turbulensi udara dalam knalpot ini tidak
sembarangan .. harus ada perhitungan yang tepat pada
komponen lain pada mesin seperti diameter klep, lama waktu
klep membuka & menutup , dsb ...
jadi belum tentu, knalpot racing yang dijual ditoko itu akan cocok
dengan karakter mesin motor mu, karna perhitungan turbulensinya
belum tentu sesuai dengan kondisi mesin..
tapi kalo perhitungannya tepat, BENAR ! knalpot racing 2 tak
bisa membantu meningkatkan tenaga mesin 10 ~ 30 % (katanya sih)
Pada mesin 4 tak (4 langkah pembakaran), turbulensi udara
pada knalpot untuk membantu kompresi diruang bakar sudah
tidak dibutuhkan lagi karna semua sudah diatur oleh komponen lain ..
disini fungsi knalpot benar2 sebagai penyalur gas buang dan peredam
suara dari hasil ledakan diruang bakar ...
Tapi tetap harus diperhitungkan diameter pipa knalpot untuk
disesuaikan dengan jumlah gas buangnya ..
Makanya, motor 4 tak dengan cc yang besar akan membutuhkan
knalpot dengan diameter pipa yang besar ...
Bisakah knalpot racing 4 tak menambah tenaga mesin ?
Jawabnya : bisa sih, tapi ga sampe 5% .. ga bakal terasa ..
itu pun harus ada penyesuaian dikarburator karna spuyer (
main jet & pilot jet) di ganti yg sedikit lebih besar ...
Tanpa penyesuaian di karburator, yang ada malah suara knalpot
racing jadi bikin berisik abis ..
Dan suara yg gede itu bukan berarti motor tambah kenceng kan ...??
Mudah-mudahan bahasan ini bisa menjawab pertanyaan bro Arjun..
Buat bro yang lain, jika gw ada kesalahan info
please di koreksi dan tinggalkan pesan dikomentar yah ...
Tengkyu
8/06/2008
5 November 2008 pukul 18.27 �
salam kenal Bro Ranz, sepertinya kita sama-sama bergerak di bidang otomotif.
6 November 2008 pukul 07.55 �
salam kenal juga bro willy ..
bergerak sih nggak ... cuma iseng aja nulis pengalaman & pemikiran nyeleneh yg saya miliki ....
nah .. kalo blognya bro willy, baru itu namanya otomotif ...
thanks udah mampir yah ...
8 Maret 2010 pukul 23.24 �
salam knal!!!!!
nich mau tanya,,,,Bagai mna mengetahui kekeliruan kenalpot pada motor kita???? (2tak)
18 Maret 2014 pukul 09.04 �
Tapi bos faktanya motor 4tak, jika di pasang knalpot racing yg bagus, tarikan terasa enteng :)
(tarikan enteng bukan berarti power mesin naik)
22 Juli 2014 pukul 10.22 �
Bisakah knalpot racing 4 tak menambah tenaga mesin ?
Jawabnya : bisa sih, tapi ga sampe 5% .. ga bakal terasa ..
itu pun harus ada penyesuaian dikarburator karna spuyer (
main jet & pilot jet) di ganti yg sedikit lebih besar ...
Knalpot pabrikan seperti WRX,CLD,R9,dll sering ikut balap resmi dan menang, bahkan pabrik astra honda memilihnya utk balap OMR CB150R. nih link nya bro:
https://id-id.facebook.com/wrxracing
https://id-id.facebook.com/r9racing
Soal ganti MJ/PJ belum tentu juga sih, kalo seting bisa menyesuaikan kenapa enggak? tinggal cek businya, terlalu kering, basah atau normal? mengingat riset knalpotnya juga dg standar karbu ORI, lain halnya jika knalpt memang utk kompetisi drag/bore-up.
Apalagi kalo motornya pake ECU, mana ada MJ/PJ... hehehe, setting mesin akan menyesuaikan sendiri otomatis tuh, punya ane cuma soul-gt, baru ganti tsukugi aja CO sdh naik otomatis jadi 4.
Ingat bro, knalpot racing pabrikan kaya R9, WRX, CLD, AHRS, dll, mereka juga punya insinyur, sdh riset teknis ngabisin milyaran utk naikin tenaga, sdh malang melintang di tim balap, dpt juara sana sini. kalo memang lebih unggul knalpot ORI kenapa tim balap, bahkan tim AHM Racing sendiri malah milih WRX??
Sudah coba pake knalpot racing bro?? kalo belum ada baiknya dicoba deh .... dijamin puas. jangan knalpot karatan yg berisik, krn knalpot pabrikan yg serius pasti punya DBKiller.
9 Oktober 2014 pukul 09.56 �
Jika sudah pake knalpot racing,Dampak ke mesin nya berpengaruh ngak kalo di ganti sama yang ori lagi ?