11/14/2008

pagi itu, si mugi lagi cekrak-cekrek membidikan
kameranya ke sebuah motor diparkiran kantor
gw yg lagi markirin motor juga langsung ' jreng ... !!! '
ini motor apa yah ... ??
segera gw keluarin hp gw dan ikutan cekrak-cekrek pake kamera hp ..






menurut info, ini motornya beng-beng anak engineering ..
beng ... numpang panjangin motor lw ye....



lalu mulai cari-cari di internet deh nih motor apaan ...
FYI,
TVS adalah pesaing Bajaj dinegerinya, India
ini dia informasi yg gw dapet :

TVS Apache RTR 160





ENGINE
4 Stroke, 159.7 cc, Single
Maximum Power: 11.19 KW (15.2 bhp) @ 8500 rpm
Maximum Torque: 13.1 Nm @ 6000 rpm
Bore x Stroke : 62mm x 52.9 mm
Compression Ratio: 9.5:1
Carburettor: Mikuni BS-26
Valve train: 2 Valves, single cam
Valves per cylinder: 2 Valves
Power to weight ratio: 111.76 bhp / ton
Starting: Electric & Kick Start
Idle speed : 1400rpm
Ignition: IDI-Dual mode digital ignition
Engine oil capacity: 1000 ml

TRANSMISSION

Clutch : Wet, Multi-Plate
Primary reduction: 65/21
Final reduction: 44/13

CHASSIS
Type: Double Cradle

SUSPENSION
Front: Telescopic Forks, 105mm Stroke
Rear: Monotube Inverted Gas filled shox (MIG) with spring aid
Castor angle: 25.5°
Trail length: 81.3 mm

BRAKES

Front: 270 mm Petal Disc
Rear: 130 mm Drum

WHEELS AND TYRES
Rim size (Front): 1.85 x 17”
Rim size (Rear): 2.15 x 18”
Tyre size (Front): 90/90 x 17”
Tyre size (Rear): 100/80 x 18”
Tyre make: TVS Tyres

Fuel tank capacity: 16.0 lit
Reserve: 2.5 lit
Useable reserve: 1.7 lit

DIMENSIONS

Length: 2020 mm
Width: 730 mm
Height: 1050 mm
Wheelbase: 1300 mm
Saddle height: 790 mm
Ground clearance: 180 mm

WEIGHTS

Kerb weight: 136 kg
Weight distribution: Kerb (F/R) 60/76 kg
Laden (F/R) (Solo - 65kg) 79/122 kg

PERFORMANCE (TVS claimed)
0-60 kph: 4.80 seconds
0-100 kph: 17.69 seconds
0-100 m: 7.91 seconds
0-400 m: 19.70 seconds
30-80 kph (4th gear): 11.84 seconds
30-80 kph (5th gear): 15.68 seconds
Maximum speed: 118 kph



KOMPAS

Sabtu, 31 Mei 2008 | 22:04 WIB

JAKARTA,SABTU - Saat ini tak banyak motor sport yang diadaptasi dari teknologi motor balap yang dipadu dengan mesin berkualitas tinggi. Jika Anda pencinta motor sport yang menginginkan akselerasi tinggi, mungkin TVS Apache RTR bisa menjadi pertimbangan.

Apache Racing Throttle Response (Apache RTR) 160 cc memiliki mesin berkualitas 15.2 Bhp yang memberikan akselerasi tinggi sehingga mampu melesat dari 0-60 Kmph hanya dalam waktu 4.8 detik. Tentu saja, kecepatan yang tinggi ini pun dilengkapi dengan teknologi Rem Cakram Roto-Petal berukuran 270 mm dan over square engine-langkah piston pendek yang memberikan tenaga lebih dan mengurangi gesekan.

Beberapa teknologi lain di Apache RTR pun menjadi keunggulan pertama di kelasnya. Stang jepit adjustable yang dapat disesuaikan dalam posisi kemudi normal atau posisi balap dan speedometer yang memakai sistem digital dengan dua penghitung jarak, jam digital, indikator bahan bakar, indikator aki dan pengingat servis.

Selain itu, Apache RTR juga memiliki teknologi polyshock absorbers yaitu kemampuan untuk mengubah hentakan energi menjadi energi panas. RTR menerapkan prinsip dasar Inductive Digital Ignition (IDI) yang memberikan pengapian yang lebih kuat dan lebih tahan lama, yaitu meningkatkan energi pengapian menjadi 60 mJ. Prinsip ini tentu saja menguntungkan, karena pembakaran bahan bakar lebih sempurna dan ekonomis, serta memudahkan start mesin.

TVS Apache RTR ditawarkan dengan harga Rp 16.500.000 untuk wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Harga untuk wilayah lain disesuaikan, lebih mahal Rp 100.000 hingga Rp 250.000.

National Sales Manager PT TVS Indonesia Roly Mahendra enggan menyebutkan jumlah target penjualan Apache RTR untuk tahun 2008 ini. "Kita kan baru. Angka itu nomor dua setelah jaringan tercapai. Fokus kita adalah jaringan dulu," ujar Roly dalam acara TVS di Jakarta, Satu (31/5) yang juga mengundang klub bikers lainnya.

Menurut Roly, TVS menargetkan pembentukan 100 dealer hingga akhir tahun 2008 di Sumatera dan Jawa. Hingga Mei, total 44 dealer sudah dibentuk di Jakarta, Jwa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatra Utara dan Riau.

Untuk Jakarta dan sekitarnya sendiri, dealer TVS sudah ada di Tangerang, Latumenten, Tanjung Duren dan Cengkareng dan akan menyusul di Serang dan Bekasi. Untuk garansi, TVS memberikan garansi mesin selama tiga tahun, termasuk servis gratis sebanyak lima kali dan ganti oli sebanyak dua kali.

sumber :
forum.detik.com
kompas.com

2 Responses to "TVS Apache RTR 160"

  1. latebloomer Says:

    Tehehe....akhirnya motor gw dipajang juga di blog bang Ranz....duh bangganya Kanzen Taurus Grand Road Warna Ijo Lumut gw ada di internet!!! Maaakkkk motor gw ngetopppp maaakkk!!! wakakakak...yah walau nyempil dikit ...

    Eh ntu Beng beng si empunye Apache ada dikit keluhan pas di 5000 - 6000 RPM kok getarannye terasa banget sampe semutan, kalo comment gw ke dia "lah loe biasa pake vega tanpa r ganti ke motor laki ya jelas lebih gede getarannye..." , tapi disangkal doi "getar nye cuman pas RPM segitu aje, di bawah atau di atas nye malah ga kerasa", gw templokin lagi dah "mungkin oli bawaan jelek tuh" , doi sangkal "enak aja castrol tahu", gw dalem ati "emang keq gratisan dari kanzen mesran super ..."..he he he akhirnya ngobrol ma si Aga diusulin di bungkus aje stangnye pake yang busa atawa pasang sock stabilizer.... kalo gw sih usulnye ganti balancer stang ame yang lebih berat macem punye tigor eh tiger.... ada ide laen bang Ranz?

  2. bebek Says:

    halah Gi.. cuma nongol dikit aja udah gr segitu .. apalagi ta' pajang spesial tuh grandroad.. bisa pingsang kesenengan lw ...

    tentang getaran TVS, mendingan di cari dulu penyebab getarannya apa ?
    kalo masih bisa diperbaiki kan lebih baik. btw, kalo di pulsar tuh ada engine balancer yg berfungsi mengurangi getaran mesin. Coba cek ke mekanik TVS, kali aja TVS mirip dan balancernya ini bisa di stel ulang..

    kalo masih gitu juga, coba tanya rider Apache lain, apa emang karakter mesinnya gitu apa nggak, kalo nggak kan berarti masih bisa di benerin, kalo ya, berarti ya cari cara lain buat meredam getaran itu, contohnya ya yg lw + aga sebutin itu deh ..
    sementara ide dari gw sih :
    1. coba cek posisi spion, jangan2 masangnya terbalik sehingga menyebabkan getaran si mesin
    2. ganti mesinnya / ganti motor sekalian.
    3. jangan pernah mengoleskan mentega pada mesin saat panas, bisa menyebabkan kangker dan impotensi loh ..
    4. ketik : REG[spasi]Primbon
    kirim ke 6060, penyebab getaran mesin dan solusinya akan diikirim setelah mbah roso menerawang dari tanggal lahir si rider

Posting Komentar

  • Blog Archive

    http://www.meriteducation.com/