5/26/2008


From: ThemetZ
Subject: [Auto-Mania] Mau tanya penambah power
Bro's,
sorry kalo pernah dibahas,
tadi malem saya dikasih coba sebuah produk cairan penambah daya dan pengirit BBM produk lokal yang bertema BIO NANO TECH, double action fuel catalist (sorry ga saya sebutin namanya), caranya dicampur ke bensin (satu tutup botol nya : 4 liter bensin).
saya coba dari cilandak pulang ke daerah sawangan dan barusan balik lagi ke tempat kerja (bolak-balik kurang lebih 34km) dan hasilnya sungguh mengejutkan, fuelmeter saya jarumnya cuman turun 2 bar, biasanya untuk bolak-balik bisa turun sampai 5 atau 6 bar (kurang lebih 1 liter lebih, saya pernah coba isi bensin 5000, hehe).
untuk power saya ngga begitu perhati'in soalnya ga ngerti mesin juga dan emang kondisi motor baru 3hari di servis, jadi masih enak dan kalo pun ada ga beda jauh...
yang mau saya tanya, untuk penggunaan produk2 penambah daya, ada efek sampingnya ga sih (ke mesin atau yang lainnya) dan side effect kalo kita sudah ga pake produk tersebut???
mohon masukannya, sebelum saya menjadi pemakai produk tsb...(soalnya saya takut kalo ini semacan dopping)...
thanks n cheers
metz


halo bro metz ..
saya dulu juga pernah pake penghemat bbm dengan system magnetisasi ...
hasilnya ada cuma ga begitu terasa ...
lebih kepada peningkatan kinerja pembakaran dimesin ...
ruang bakar lebih bersih, lebih bertenaga, dan "sedikit" lebih irit ....
tapi ga bertahan lama karna ternyata magnetnya melemah ....
menurut saya
kalo tujuannya menghemat bbm kok rasanya agak nggak logis yah ...
karna mekanisme kerja mesin kan ga dirubah ....
settingnya ya segitu-gitu aja ....
setiap kali kita narik gas, ya jumlah bbm yg keluar kan sgitu-gitu aja .....
kalau mau bbm yg irit, ya pakailah mesin dengan cc yang kecil ...
mungkin yg harus dipikirkan adalah bagaimana caranya supaya kendaraan
ga lebih boros dari yang seharusnya ...
misalnya kalo standarnya 1 : 40, ya jangan sampai lebih boros dari itu ...
bagaimana caranya ?
rawat lah mesin dengan baik terutama bagian ruang pembakaran ...
upayakan pembakaran bisa sempurna, kerak diruang bakar menyebabkan
pembakaran jadi tidak sempurna dan membuat bensin jadi boros ...
periksa tekanan ban, ban kempes / kurang angin bikin pergerakan roda jadi berat
kurangi gaya berkendara yang stop & go ... (kalo sering kena macet ya takdir deh ...)
sekali lagi ...
ini logika saya aja loh .... jangan mudah percaya yah ....
thanks,
su'un master


From: ThemetZ
bener bro,
tadinya saya juga cuman denger ntu orang ngomong, tapi tadi malem saya coba sendiri, saya belum cek tangki bensin sih, jangan2 cuman otak saya yang di hipnotis, atau fuelmeter di motor saya dipasangin screensaver biar full terus..hehe..
saya pikir juga begitu, kalo kendaraan kita settingnya enak dengan konsumsi bahan bakar standar, ko bisa BBM di "irit" kan tapi motor kita masih enak jalannya...logikanya biasanya kalo konsumsi bensin ke mesin dikit suka ada masalah ("ngaberebet" kata orang sunda mah).
ini nih solusi yang ditawarkan dari produk tersebut, katanya sih :
memecah molekul BBM jadi lebih lembut (bio nano tech)
ningkatin daya n akselerasi
hemat bahan bakar 10%-30%
mencegah mesin nglitik/detonasi (aman bagi mesin)
ramah lingkungan, non timbal (mengurangi emisi gas buang, jadi less polusi)
melarutkan air & karat dalam tangki BBM.
ada lagi masukan dari yang lain??
but thanks anyway bro Rano
cheers,
metz
penasaran aja, ga maksud promosi, pengen pake juga sih, hihihi..


From: rano
bro metz,

coba perhatikan promosinya :
memecah molekul BBM jadi lebih lembut (bio nano tech)
ningkatin daya n akselerasi
hemat bahan bakar 10%-30%
mencegah mesin nglitik/detonasi (aman bagi mesin)
ramah lingkungan, non timbal (mengurangi emisi gas buang, jadi less polusi)
melarutkan air & karat dalam tangki BBM.
itu semua dalam rangka penyempurnaan kinerja mesin ...
terutama pembakaran-nya ...
kalo mesin kita udah berkurang performance-nya, pasti lebih boros dari kodisi mesin baru kan ...
nah, teknologi yang mereka tawarkan adalah untuk membantu mengembalikan ke kondisi semula..
hasilnya kan bbm akan lebih irit ...
tapi gimana kalo emang performa mesin kita masih bagus ...??
apa iya bisa lebih irit ?
Ada baiknya kalo bro metz rajin merawat mesin dan kendaraan selain menggunakan produk ini ...
dan satu lagi ... jangan lupa pake oli BZ ... he.. he....
bukan promosi kok ... tapi kalo pakai oli bagus, membantu performa mesin juga toh .....
thanks
(jangan mudah percaya sama tulisan saya ... tungguin aja penjelasan om tovi .. he... he... )


and the master said :

Wah kok jadi iklan oli BZ....tapi terima kasih..ya dukungan semua pihak
Kali ini Saya ingin mengulas tentang Campuran BBM yang bisa menjadi BBM lebih irit (dah lama ga nulis neh...mudah2an bisa bermanfaat ya...)
Lari kenceng ,BBM irit ,motornya bagus, cc nya besar ,dan harga nya murah ---> Hal ini pasti adalah dambaan setiap orang (Biker)
Masalah nya bisa ga terwujud secara bersamaan? jawaban nya jelas "tidak bisa"
Nah mari kita kembali ke masalah yang di bahas oleh Bro Rano dan Metz
1 Meningkatkan akselerasi dari mencampur ke BBM,sebenarnya barang atau campuran ini berfungsi meningkatkan octane dari BBM (kalo octane meningkat otomatis akselerasi pun meningkat)
2 Mengefisiensikan BBM itu adalah membuang kadar air yang ada di tangki ujung2 nya adalah meningkatkan octane juga (karena BBM didalam tangki yg tertutup,dengan adanya perubahan suhu panas dan dingin akan menimbulkan uap menjadi kadar air bertambah)
Sebelum membahas hal 1 dan 2 mari kita lihat spesifikasi mesin kaitanya dengan octane
CR atau Compression Ratio adalah perbandingan antara ruang bakar pada saat piston diatas terhadap ruang Clynder pada saat piston berada pada titik paling bawah (maksudnya begitu dah ,mudah2an uderstood)
Contoh kalo Ratio 10:1 motor nya 100cc (ngambil angkanya yang gampang aja ya...supaya gampang ngitungnya) jadi pada saat piston ada di titik paling atas ada sisa ruang bakar yang volumenya 10cc
Octane = RON 88; Rasio Kompresi = 7:1 - 9:1 (Biasanya premium)
Octane = RON 92; Rasio Kompresi = 9:1 - 10:1 (Biasanya Pratamax)
Octane = RON 95; Rasio Kompresi = 10:1 - 11:1(Biasanya Pratamax Plus)
Terus apa hubungan nya dengan campuran di atas tadi?
Begini CR rato kompresi makin tinggi makin membutuhkan octane yang tinggi pula
Octane yang tinggi adalah BBM yang terbakarnya lambat
Octane Yang rendah sebaliknya,BBM yang terbakarnya cepat
Cara kerja pembakaranya adalah
BBM yang telah diproduksi oleh karbu dan di suplai keruang bakar setelah melalui tekanan /kompresi dan di ledakkan diruang bakar pada saat busi spark.
Octane yang tinggi akan mendapat timing yang pas terbakar pada saat spark menyala,tekanan optimal (piston berada di titik atas) dan terjadi ledakan yang sempurna dengan BBM yang sedikit(effisien) pula.
Nah ledakan hasil pembakaran yang sempurna meledak pada saat piston berada di titik paling atas.
Tapi yang terbaik dengan hitungan yang pas (biasanya Racing spec),ledakan kita hitung pada saat piston bukan paling atas tapi saat piston akan turun,maka ledakan akan menekan/mendorong piston turun dengan dahsyat (cepat).
jadi power engine hanya dipakai untuk menaikan piston saja,sedang turunnya dari tenaga ledakan yang sempurna.dengan demikian tenaga engine hanya dipergunakan 2/3 (60%)nya saja .
INILAH YANG DI SEBUT OPTIMAL
Untuk Octane Rendah pembakarannya sangat cepat saking cepatnya maka busi belum spark BBM yang dikompresi sudah meledak.
Nah disini ledakan nya akan berfungsi sebaliknya,meledak saat piston mau naik (belum sampe atas) jadi piston tertahan oleh ledakan,dan ruang masih besar,sehingga BBM nya banyak tapi tidak Optimal
Ciri2 nya coba buka piston kalo pistonya bopeng2 seperti di tusuk2 paku ..itu berarti tidak optimal atau engine mengalami Preignition
Nah di sini tenaga Engine dibutuh kan 110% untuk menjalankan engine ini (BBM pun Boros)
Untuk Mencapai Optimal tadi apalagi Racing Spec tentunya bukan hanya Octane tapi setting dan parts sangat besar pengaruhnya
1 CDI harus baik (Hi performance ) ini sudah pernah kita bahas kan?
2 Piston harus ringan
3 Knalpot harus berfungsi turbulense jangan laminer (ini juga sudah pernah dibahas)
4 Stroke harus ballance tidak vibrasi
5 Meminimize gesekan /friksi selain kepresisian dari gesekan clynder juga fungsi pelumas/Oli yang baik selain membantu meringankan friksi juga tidak menghalangi pembakaran karena meredam panas --> sangat diperlukan
6 Selanjutnya hitungan gear ratio yang tepat agar perpindahan gigi 1,2,3 dst tidak berjarak (close ratio) jadi power tidak terbuang,karena terbuangnya power membebani kinerja engine
7 Akhirnya BBM yang tepat/baik tebakar pada saat diperlukan/timing yang tepat
Dengan demikian (7 Faktor diatas) maka BBM akan irit,Engine jadi Awet serta pingin naik motor miulu deh ...soalnya motornya bener2 enak dipake.
Masalah campuran BBM itu hanya point 7 saja jadi kalo 1~ 6 diabaikan ya....menurut saya tidak berfungsi,jadi sangat tidak mungkin mengurangi BBM sampai 30%
Demikian ulasan yang panjang ini semoga bermanfaat untuk semua
Dan ulasan ini adalah ulasan menyeluruh dari kinerja mesin....semua berdasar dari sini baru kita dapat menghitung untuk merubah spesifikasi.
Terima kasih
Tovi Singgih



0 Responses to "Penambah Power"

Posting Komentar

  • Blog Archive

    http://www.meriteducation.com/