5/07/2008
Dear bro Rivai
terima kasih atas attention nya pada oli BZ
saya coba jawab 1 per 1 ya...
Macetnya piston disebabkan oleh beberapa faktor
1 Yang paling awam adalah karena oli nya kering (tidak ada/kurang oli/daya lumas oli telah habis)
2 Kepresisian boring tidak baik (taper/tirus/mengerucut)
3 Terlalu panas shingga menyebabkan dinding boring menyatu/melting dengan ring piston
4 Kualitas piston yang tidak baik sehingga pada saat panas pemuaian nya terlalu besar sedangkan dinding clynder block/boring belum memuai.
5 Balancing dari crank shaft tidak baik sehingga menimbulkan unbalance pada saat kompresi
Mengapa terjadi no 1 ~ 5 ?
1 kualitas oli tidak baik sehingga penguapan / oksidasi nya tinggi menyebabkan oli berkurang dan tidak terkontrol atau daya lumas oli telah habis..
2 Hal ini akan terjadi karena modifikasi atau over size yang tidak tepat...kepresisian ini sangat penting dan tidak boleh melebihi 0.03mm--->hal ini tidak akan bisa dilakukan/dicapai apabila hanya memakai mesin bubut non CNC atau manual,sedangkan bengkel2 ala kadarnya (yg penting murah) biasanya hanya memakai mesin bubut yang buatan ''Cina'' yang toleransi nya sangat besar (0.5~1mm) hal ini sangat berbahaya karena pada saat pemuaian panas akan memaksa gesekan,akibatnya crank shaft melengkung dan lama2 menyebabkan macet.
3 Terlalu panas selain disebabkan no 1 dan 2 juga karena kompresi yang terlalu tinggi tetapi coolant(pendingin) tidak memadai,jupiter adalah pendingin berdasarkan angin,jadi pendingin bisa berfungsi pada saat motor jalan maka tiupan anginnya mendinginkan mesin,bagaimana saat berhennti/jalan macet (kalo tidak pakai radiator) maka oli lah yang sangat berperan mendinginkan mesin,tapi kalo oli nya jelek maka oli ikut mendidih jadi bukan tambah dingin malah tambah panas.
4 Piston dibuat harus tahan panas dan punya kekuatan leleh yang tinggi,piston juga harus memuai lebih lama dari pada part2 di sekitarnya.
Maka pembuatan piston dilakukan dengan Forging (logam ditekan /dipadatkan dengan membentuk form nya hal ini membuat kekuatan logam bertambah 3 bahkan 4 kali lipat,oleh sebab itu harga piston mahal,apa lagi piston racing prosesnya cold forging (kalau piston biasa cukup dengan hot forging)
Tapi apa yang terjadi ?? piston2 dipasaran hanya menjual piston dengan grafity (cetakan cor/low pressure) ini sangat mrembahayakan tapi tuntutan pasar (mengejar harga murah) memprihatinkan kalau tau tingkat bahayanya.
5 Hal ini biasanya terjadi karena stroke up atau menaikan stroke untuk meningkatkan CC.Tapi setelah dinaikan stroke nya maka crank shaft harus dibalance (biasanya karena mengejar murah para modifikator/bengkel2 tidak membalance...karena mahal) maka yang terjadi akan terjadi vibrasi atau getaran,jadi turun naiknya piston tidak lurus bahkan akan mremakan dinding2 boring nya,gejalanya mesin bergetar saat
tengah apalagi tinggi.
Wah jadi panjang neh ngejelasinya ya.....(nulisnya juga rada pegel)
Pertanyaan mengenai Oli BZ
Oli BZ dapat dikirim via pos/tiki dsb tapi tentunya dikenakan biaya kirimuntuk di luar Jakarta),maaf karena saat ini kita masih kewalahan untuk distribusi.
Untuk daerah Jakarta bisa langsung diantar dan dikenakan biaya antar 10rb per kirim
Kalo mengenai tingkat viscositasnya BZ Racing oil di 100 derajat Celcius dengan satuan CST mencapai 13.41 dilakukan pengukuran dengan methoda ASTM D445-1 (2002) nah lo teknis banget ya...?? begini aja deh dengan methode dan satuan yang sama maka rata2 oli saat ini hanya mencapai 7 bahkan banyak yang 5 bahkan 3 jadi dalam hal ini spec BZ oil jauh melampaui lah (tidak perlu kawatir)
TBN (Total base number) sangat tinggi jadi tahan sampai 15000KM tapi kita recomend hanya 12000km saja (tapi kalo anjuran 10 000km ganti) karena nilai ini mencapai 11.51 mg KOH/g
Dan yang sangat penting nilai oksidasi 0.00 jadi sejauh ini tidak ada penguapan/tahan panas dan cepat dingin.
Maaf kalo penjelasan nya kepanjangan/njlimet...sebab nanya nya juga njlimet jadi bingung ngejelasinya...he...he...he
OK terima kasih semoga bermanfaat
Tovi Singgih
(Bike Zone)
----- Original Message -----
From: Rivai, Ahmad
Sent: Monday, May 05, 2008 9:21 PM
Subject: RE: [Auto-Mania] OIL BZ
Om Tovi,
Mo Tanya sedikit tentang Oli BZ yang type Racing, Untuk daerah Bekasi -Cikarang sekitarnya, Dimana [ref bengkel ] agar saya bisa mendapatkan / beli Oli dengan spec Hi..Grade tersebut, karena sebelumnya [2 minggu lalu] motor [jupiter Z + kopling manual]saya sudah 2 kali mengalami macet disekitar linear dan ring piston blitz , bahkan pernah pecah di piston atasnya.dan ini pun saya kurang paham buanget disebabkan oleh lubricant oil yang kurang bagus atau karena modifikasi yang kurang baik dikarenakan compresinya terlalu tinggi karena pernah pangkas head total 2,5 mm .....
sebenernya pingin juga japri ke base camp BZ langsung cuma untuk saat ini masih belum sempat,dan yang ada sekarang hanya pendengar setia nya " Auto Mania"
BTW,Untuk Oli BZ type racing tingkat viscositas nya di berapa ya. Om.....dan dianjurkannya sampai di berapa km .....
Semoga saja apabila bisa pakai Oli BZ tersebut Jupi saya bisa lebih awet lagi,anti selip....ha...ha...ha......
Mohon maaf kalo tanyanya Ngalor - ngidul
Thanks & Best Regards
RIVAI
Warning ...!!!
Pembicaraan seperti diatas itu cuma ada di milis Auto-Mania@yahoogroups.com
jadi kalo lw punya motor dan pengen sharing info, bertanya tentang masalah motor, dll ...
ya lw harus cepet gabung di milis ini ...
gampang kok caranya ..
tuh .. disebelah kanan tulisan ini ada woro-woro tentang Auto-Mania..
tinggal tulis alamat email lw ditempat yg udah disediakan ....
trus tinggal klik : JOINT
selesai deh ...
selanjutnya lw tinggal reply email confirmation dari yahoo tanpa menuliskan
atau merubah apapun dari emailnya si yahoo...
beres deh ...

0 Responses to "Piston Macet & Oli Mesin (motor)"
Posting Komentar