Metode 50%
Opini mengurangi kemacetan


Coba deh perhati-in saat kita terjebak macet ...
Ternyata banyak sekali antrian mobil itu hanya berisi satu orang (supir) saja ...
Wuih ternyata negara kita ini sudah benar-benar dibodohi dengan materialisme ...
Wong mobil itu bisa mengangkut orang sampai 4 orang lho ....??
Itu baru yg mobil city car atau sedan ...
Coba deh yg mobil minibus semacem Kijang atau APV...
Bisa mengangkut banyak orang kan ...??

Ayo kita balik lagi ke konsep tujuan terciptanya alat transportasi :
1. mempersingkat waktu perpindahan benda (orang / barang )
2. meningkatkan quantitas benda/orang terangkut dalam 1 kali trip/perjalanan
3. mengurangi biaya perpindahan benda/orang
4. .......
5. ......
6. ......
7. live style
(sumpah .. ini gw ngarang sendiri ...)

Kaitan-nya dengan kemacetan di jabodetabek :
analisa gw karna banyak orang mem-fungsikan kendaraan pribadinya pada point 1 dan point 7
dengan mengabaikan (se abai-abainya) point penting pada point 2.

Kalo point 7 itu adalah hak pribadi pemilik kendaraan, bukan berarti itu adalah hak absolut untuk mengabaikan
poit-point sebelumnya. Ini kalau kita mau menyadari dan mencoba untuk mengurangi kemacetan lalu lintas
yg diakibatkan oleh kendaraan pribadi yg tidak efisien dalam penggunaannya (mengabaikan point 2).

Ditilik dari kinerja pemerintah DKI Jakarta, kini mereka lebih fokus untuk menyediakan transportasi masal yg terpadu
dan sistematis seperti proyek busway misalnya. Menurut gw bagus tapi belum optimal untuk mengurangi kemacetan.
Kebijakan pemerintah dalam hal kepemilikan dan penggunaan kendaraan pribadi belum mendukung upaya mengentaskan
kemacetan. Gw yakin, dalam hal ini pemerintah sudah melakukan studi banding dinegara lain. Tapi apa iya sistem
di negara lain bisa cocok diterapkan dinegara kita ..??
Nah, disini gw mencoba mengusulkan suatu sistem yg mungkin saja cocok diterapkan di negara kita.

Dinegara maju, ada suatu sistem dimana pemerintah menerapkan kebijakan yg membuat harga kendaraan bisa semurah mungkin.
Tapi pajak yg diberlakukan kepada pemilik kendaraan lebih tinggi dari negara kita. Hasil pajak ini sebagian besar untuk mensubsidi
penyediaan transportasi masal yg murah, nyaman dan tepat waktu.
( kenapa ini ga diterapkan dinegara kita yah ...?? jangan deh ... ntar hasil pajaknya malah dikorup .. he.. he...)

Lalu sistem apa yg mau di usulkan ...??? ( loh .. kok malah nanya ....?? )

Gw berpikir ... kenapa ga kita kembalikan saja fungsi alat transportasi (kendaraan)
kepada asalnya dengan urutan yg benar ... ???
Maksudnya, ayo kita kembalikan fungsi kendaran pribadi kita pada point 1 dan point 2

Point 1 sudah oke ...
Masalahnya ada pada point 2..
Metode 3 in 1 di jalanan tertentu di Jakarta sebenarnya cukup ampuh mengurangi kemacetan ...
Lalu kenapa tidak dikembangkan ke jalan-jalan lain yg cukup padat pada jam-jam sibuk ... ???
Kalau metode 3 in 1 terlalu berat... mari gunakan metode 50%
Ini lah konsep yg gw usulkan....

Maksud dari metode 50% adalah memaksimalkan jumlah penumpang pada setiap kendaraan pribadi dengan
jumlah penumpang 50% dari kapasitas tempat duduk kendaraan.

Sebagai contoh mobil sedan dengan kapasitas tempat duduk (gw anggap) 4 orang termasuk driver,
50% nya adalah 2 orang. Artinya mobil sedan pribadi harus dikendarai minimal berpenumpang 2 orang.
Metode ini bisa diterapkan pada kendaraan pribadi dan diterapkan dijalan-jalan yg padat pada jam sibuk.
Artinya kendaraan umum (bernomer polisi kuning) atau angkutan barang (pick-up, box, truk, etc) yg ga ngaruh
sama metode ini.

Bagaimana dengan motor ..?? otomatis aman dari metode ini karna daya angkut motor kan 2 orang,
kalo supir doang aja udah dapet 50% kan ....

Ntar jadi banyak motor berseliweran dong ...???
so what ....?? kenyataannya memang motor itu kendaraan yg efisiensinya tinggi .
Dengan daya angkut minimum 50%, dan hanya menempati area 1/4 dari area jalan yg ditempati mobil paling kecil sekalipun
seperti Suzuki Karimun atau Hyundai Atoz.
Belum lagi konsumsi BBM-nya yg jauh lebih irit dari mobil.

Bagaimana dengan mobil berNopol merah (pemerintah) ..??
ya biarin aja... dari awal penerimaan PNS juga penuh dengan KKN...
jadi buat apa di omongin disini... males deh ....

Bagaimana kalo jarak ke kantornya (relative) jauh ..??
Pakai angkutan masal dong ....
Atau ciptakan komunitas tebenger (nebeng) sama tetangga atau rekan kerja sekantor ..
bikin giliran jatah bawa mobil ...
Kan bisa sekalian menjalin silaturrahmi ...

Gimana kalo istri sendirian mo kepasar ..?? atau mo mengantar anak sekolah
ya pakai angkutan masal dong ....
trus anaknya pake-in abudemen mobil anter jemput gitu ...
atau .... gunakan motor ...!!!

Kan gw ga punya motor ...???
please deh .. mobil bisa beli ... masa motor ga bisa beli sih ....



Gw sih maunya pemerintah mau menerapkan metode 50% ini seperti layaknya penerapan 3 in 1.
Tapi gw ga yakin, "pelayan masyarakat" ini lebih mengutamakan melayani dirinya / golongannya sendiri.

So, gw mo mengajak temen-temen di dunia otomotif ini untuk menerapkan metode 50% untuk diri kita masing-masing.
Gw yakin temen-temen club otomotif dan juga milis-milis otomotif lebih terbuka mata hatinya untuk mengutamakan kepentingan bersama.
Dan harapan gw juga nantinya metode ini menyebar dan diterapkan ke golongan lain (diluar penggemar otomotif) sampai pada akhirnya
pemerintah mau dan dengan tegas menerapkan metode 50% ini kepada pengguna jalan raya.

Mohon maaf bagi pihak yang dirugikan atas metode ini.
Namanya juga ide / usulan, pasti ada kekurangan.
Tapi jangan cuma tersinggung dong... berikan solusi atau kritik yg membangun ....
sehingga metode ini bisa lebih sempurna dalam rangka mengurangi kemacetan di ibukota tercinta.

So guys ... ayo terapkan metode 50% pada diri kita masing-masing ...
dan juga ajak keluarga, rekan, kerabat dan orang-orang disekitar kita untuk menerapkan metode 50% ....
Ayo kurangi kemacetan dijalan raya ....


METODE 50%

jumlah penumpang minimal 50% dari kapasitas tempat duduk kendaraan





buat rekan-rekan yang setuju dengan metode 50% please forward ke semua mail address di komputer mu ....

buat rekan-rekan yang tidak setuju , silahkan kirimkan kritik, saran, atau sumpah serapah-mu ke gw
dengan alamat email : ranz.bebek@yahoo.co.id



tengkyu so mach aem sori gut bay ....

Regards,
ranz de guilanya koumach lagie (AMI-02)
AUTO MANIA INDONESIA
Auto-Mania@yahoogroups.com

gile ... gw kurang kerjaan banget nulis beginian ...
sori yah yg udah ngebaca sampai selesai ..... jadi ngabisin waktu lw deh ... sori banget yah ...
btw, kadang ide yg hebat itu datang dari sesuatu yg orang lain berpikir bahwa itu ide gila ....
thanks, ranz (AMI-02)

0 Responses to "*Metode 50% * opini mengurangi kemacetan"

Posting Komentar

  • Blog Archive

    http://www.meriteducation.com/